Sabtu, 14 September 2013

DASAR RUMUS MICROSOFT OFFICE EXCEL

MICROSOFT EXCEL

Oke postingan saya yang kedua, kali ini akan membahas mengenai Microsoft Office Excel atau yang lebih dikenal dengan Microsoft Excel..
Referensi atau sumber postingan mengenai MS.Excel saya cakup dari "MODUL PELATIHAN KOMPUTER (LPIA Cabang Pondok Gede) 2013". Modul yang sangat banyak manfaatnya ini saya dapatkan ketika saya mengikuti pelatihan dari LPIA, selain pembahsan dalam modul yang terperinci, instrukturnya jua baik hati, ramah, n' yang pasti sabar banget ngajarinya. Yap instruktur saya bernama Mis.Nisa. Makasih banyak ya Mis.Nisa atas ilmu-ilmu yang udah diajarkan buat saya.. ^_^
Next balik ke materi ya, oke langsung aja gak usah basa-basi lagi daripada keburu basi.. hehehe.. ini dia semoga bermanfaat buat para pembaca semua :) check it out..

Dalam MS.Excel terdapat beberapa fungsi yang sering digunakan antara lain :
I. Funsi Statistik : fungsi ini sering digunakan pada jenis perhitunan matematika dan statisik diantaranya adalah :

  • =Sum (range) ; fungsi ini digunakan untuk mencari JUMLAH data dalam range.
  • =Average (range) ; fungsi ini digunakan untuk mencari NILAI RATA-RATA dalam range.
  • =Max (range); fungsi ini digunakan untuk mencari NILAI TERTINGI dalam range.
  • =Min (range); fungsi ini diunakan untuk mencari NILAI TERENDAH dalam range.
  • =Count (range); fungsi ini digunakan untuk MENGHITUNG BANYAKNYA DATA YANG ADA DALAM RANGE.
II. Fungsi Logika ; fungsi ini digunakan untuk menyeleksi pernyataan benar atau salah. rumus yang sering digunakan adalah :
        =IF (Sel acuan; pernyataan benar; pernyataan salah)

  • Ekspresi yang dipakai dalam fungsi logika adalah :
  1.  sama dengan ( = )
  2. lebih dari ( > )
  3. kurang dari ( < )
  4. kurang dari sama dengan ( < = )
  5. lebih dari sama dengan ( > = )
III. Fungsi Lookup ; fungsi yang digunakan untuk menguji atau mengetahui kebenaran suatu data. Fungsi Lookup menggunakan tabel bantuan dimana pada tabel tersebut terdapat data yang akan diambil (tabel data). Rumus Lookup ada 2 macam yaitu ;
  1.  VLOOKUP ; dimana tabel data yang digunakan berbentuk vertikal
 =VLOOKUP(Sel Acuan; Tabel Data; Nomor Kolom;0)
  
   2. HLOOKUP ; dimana tabel data yang digunakan berbentuk horizontal
=HLOOKUP(Sel Acuan; Tabel Data; Nomor Baris;0)

Ket : 1 jika data berurutan 0 jika data tidak berurutan.


IV. Fungsi Teks
  •  Fungsi Left ; untuk mengambil teks dari posisi karakter sebelah kiri.
=LEFT(Sel Acuan; jumlah karakter yang diambil)
  •  Fungsi Mid ; untuk mengambil teks dari posisi karakter di tengah.
=MID(Sel Acuan; posisi huruf awal teks yang akan diambil; jumlah karakter yang diambil)
  •  Fungsi Right ; untuk mengambil teks dari posisi karakter sebelah kanan
=RIGHT(Sel Acuan; jumlah karakter yang diambil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar